Fath-l Kutb; Membuka khazanah Keilmuwan,Mencetak Generasi Lubuk Akal, Lautan Ilmu.

LAGU PERSEMBAHAN 25 Tahun Pondok Modern Al-Barokah NGANJUK

Panitia Fath-l Kutb AlBarokah2018.

Fath-l Kutb; Membuka khazanah Keilmuwan,Mencetak Generasi Lubuk Akal, Lautan Ilmu.
======================
Dalam seminggu ini kalian akan berada di dalam kumparan ilmu, berkubang dalam lumpur pengetahuan, menyelami luasnya cakrawala dunia, dan menyelam jauh ke dalam pokok-pokok keislaman.

Selamat datang anak-anakku di “One Week with Sciences”.

Sebagai santri/santriwati kelas akhir sudah seharusnya mampu mengaplikasikan bahasa Arab yang sudah dipelajari selama hampir 5/6 tahun sebagai kunci untuk membuka khazanah ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan islam. Kalian akan diajari bagaimana membiasakan diri untuk belajar otodidak dengan bekal ilmu dan bahasa yg kalian punya, mencari masalah, menemukan ilmunya, dan merumuskan solusinya.

Ciptakan miliu membaca, biasakan diri untuk memanfaatkan waktu dg sebaik-baiknya untuk membaca sehingga terbentuk pola pikir dan rasa cinta membaca (reading habit). Tamaklah terhadap ilmu pengetahuan karena itu adalah satu dari enam syarat memperoleh Ilmu ( al-khirsh).

Sudah saatnya kalian pandang dunia yang luas, bentangkan wawasan sejauh-jauhnya, sehingga tidak ada fanatik ( ta’asshub) yg buta dan berlebihan terhadap satu golongan tertentu.

Problem ummat saat ini adalah masih bergelut di kisaran masalah-masalah khilafiyah (cabangnya & bukan dasarnya). Ketahuilah bahwa masalah khilafiyah tidak akan pernah ada habisnya sampai hari kiamat. Maka, berlapang dadalah kalian dalam menyikapi masalah khilafiyah. Jangan mudah-mudah membenci atau memusuhi orang yang berlainan madzhabnya karena masing2 punya dasar dan dalil-dalil yg dipercaya.
Inilah mengapa kalian harus berjiwa bebas. Karena kebebasan itu harus dibekali dg ilmu pengetahuan yg luas dulu, sehingga nantinya mampu menentukan jalan dan madzhab mana yg akan dijadikan patokan dalam menjalankan syariat islam. Semoga ikhtilaf ummat Muhammad merupakan rahmat dan kemudahan untuk menjalankan ibadah kepada-Nya. Aamiin.

Selamat menjalankan acara Fath-l Kutb 1440…

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ (متفق عليه)

An. Panitia Fath-l Kutb Alba#2018.

About Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk 110 Articles
BERDIRI DI ATAS DAN UNTUK SEMUA GOLONGAN

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*