KMI Profil

Kulliyatu-l-Mu’allimin Wal Mu’allimat Al-Islamiyyah

KMI atau Kulliatul-l-Mu’allimin Wal Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk sebagai lembaga pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama dan Menengah yang berbasis dan berbentuk PONDOK PESANTREN STUDY 6 TAHUN BAGI SD ATAU MI UNTUK PROGRAM REGULER, DAN 4 TAHUN UNTUK TAMATAN SLTP ATAU MTs UNTUK PROGRAM INTENSIF.

Pola dan orientasi yang dikembangkan model KMI ini bermuara pada pencetakan calon-calon Guru Islam yang siap mengabdi di Masyarakat sebagai Mu’allim sekaligus Da’i.

Pengarahan dan evaluasi yang selalu diselenggarakan KMI tentang Guru, pembenahan Kurikulum. Study banding merupakan pemacu peningkatan etos kerja Staf KMI, sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan sistem pembelajaran Efektif, Efisien, dan ekselerasi.

KBM tidak hanya dilakukan didalam ruangan kelas tetapi juga dilakukan di Laboratarium, Perpustakaan, Masjid bahkan dilakukan dihalaman terbuka. Yang memungkinkan Siswa atau siswi terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang menggunakan pembentukan karakter building bagi santri/santriwati.

Orientasi seluruh materi yang berkaitan kepada santri dengan selalu mengacu kepada Iman, Ilmu dan Amal yang mencakup pemantapan Tauhid atau akidah, meningkatkan kesadaran ubudiah, pengembangan nilai-nilai Moralitas Khulukiah pencerahan wawasan keilmuan sehingga melahirkan santri-santriwati yang bermental pejuang

Sistem pengelolaan pendidikan yang berbasis pesantren merupakan penerapan dari strategi triologi pendidikan rumah, sekolah, dan lingkungan. Adapun proses pembentukan karakter building bagi santri, kami laksanakan dengan proses keteladanan dari seluruh aktifitas yang ada dalam kampus ini, baik disiplin proses belajar, proses berbahasa Asing, Bahasa Arab dan Inggris.

Proses Learning By Doing dengan metode tadabbur Alam atau metode dengan mengedepankan pemahaman sentuhan religious Humanis dan Naturalis.