Sholat Nabi shallallaahu ‘alayhi wasallam, Dari Takbir Hingga Salam Sebagaimana Kamu Melihatnya.
1. Menghadap Kiblat.
Apabila Rasulullaah shallallaahu ‘alayhi wasallam berdiri untuk shalat, beliau menghadap kiblat, baik dalam shalat fardhu maupun shalat sunnah.[1] Dan beliau juga memerintahkan hal itu saat bersabda kepada orang yang tidak benar dalam shalatnya,
إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ ، فَأَسْبِغْ الْوُضُوءَ ، ثُمَّ اسْتَقْبِلِ الْقِبْلَةَ ، فَكَبِّرْ
“Apabila kamu berdiri untuk shalat, maka lakukanlah wudhu dengan sempurna, kemudian menghadaplah ke kiblat, lalu bertakbirlah.”[2]
Dan
كان صلى الله عليه وسلم في السفر يصلي النوافل على راحلته ويوتر عليه حيث توجهت به [ شرقا وغربا ]
“Saat beliau shallallaahu ‘alayhi wasallam dalam safar, beliau shalat sunnah dan shalat witir di atas kendaraan beliau dengan menghadap ke arah mana saja kendaraan itu membawa beliau berlalu (ke timur maupun barat).”[3]
Mengenai hal itu, turunlah Firman Allah ta’aalaa,
فَأَيْنَمَا تُوَلُّواْ فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ
“Kemanapun kamu menghadap, di sanalah Wajah Allah.” {QS. Al-Baqarah: 115.}[4]
Dan “beliau shallallaahu ‘alayhi wasallam bila ingin shalat sunnah di atas unta beliau, terkadang beliau juga menghadap kiblat lalu bertakbir, kemudian shalat kemanapun kendaraannya berlalu membawa beliau.”[5]
“Beliau shallallaahu ‘alayhi wasallam rukuk dan sujud di atas kendaraan beliau dengan cara menganggukkan kepala beliau, dengan menjadikan gerakan sujud lebih rendah daripada gerakan rukuk.”[6]
“Jika beliau ingin shalat fardhu, beliau biasanya turun lalu menghadap kiblat.” [7]
“Beliau shallallaahu ‘alayhi wasallam pernah shalat menghadap Baitul Maqdis (di awal-awal Islam) –[sementara Ka’bah di depan beliau]- sebelum diturunkannya ayat ini,
قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاء فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ
“Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram.” {QS. Al-Baqarah: 144.}
Tatkala turun ayat ini, beliau pun menghadap ke arah Ka’bah. Sementara itu waktu orang-orang yang berada di Quba’ sedang melaksanakan Shalat Shubuh, tiba-tiba datang seseorang seraya mengabarkan bahwa telah diturunkan kepada Rasulullaah shallallaahu ‘alayhi wasallam Al-Quran malam itu yang memerintahkan beliau agar menghadap Ka’bah, (karena itu) hendaklah kalian menghadapnya juga! Ketika itu, mereka masih menghadap ke arah Syam (Baitul Maqdis), lalu mereka pun memutar, (lantas imam mereka memutar hingga menghadap ke arah Ka’bah bersama mereka.”[8]
Catatan :
[1]. Ini merupakan sesuatu yang qath’i (tidak terbantahkan) karena mencapai derajat mutawatir, sehingga tidak perlu lagi ditakhrij haditsnya.
[2]. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim. Dan yang pertama dari keduanya ditakhrij di dalam Irwa’ Al-Ghalil, no. 289.
[3]. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim.
[4]. Diriwayatkan oleh Muslim, dan dinilai shahih oleh At-Tirmidzi.
[5]. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Hibban dalam Ats-Tsiqat, 1/12; Adh-Dhiya’ dalam Al-Mukhtarah dengan sanad hasan, dinilai shahih oleh Ibnu As-Sakan, dan Ibnu Al-Mulaqqin dalam Khulashah Al-Badr Al-Munir, 22/1. Dan Ulama sebelum mereka, yaitu ‘Abdul Haq Al-Isybili dalam kitab Ahkam miliknya, no.1394 dengan tahqiq syaikh Muhammad Nashiruddin. Ini dikatakan juga oleh Ahmad sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Hani’ darinya dalam Masa’il Ahmad, 1/67.
[6]. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At-Tirmidzi, dan dia menilainya shahih.
[7]. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Ahmad.
[8]. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Muslim, Ahmad, As-Sarraj, Ath-Thabrani 3/108/2, dan Ibnu Sa’ad 1/243. Hadits ini ditakhrij dalam Irwa’ul Ghalil (no.290).
-Dikutib dari kitab “Shifat Shalat Nabi minat Takbir ilat Taslim Ka-annaka Taraha”.-