Perfotoan Di AL-BAROKAH, Pergerakan Santri

Perfotoan di Pondok Modern Al-Barokah, sebagai lembaga pendidikan Islam pun juga tidak ingin menomorduakan perihal dokumentasi alias sesi perfotoan di setiap acara-acara penting. Namun, yang menjadi perbeadaan terhadap sesi perfotoan pada umumnya adalah, perfotoan di Pondok Modern Al-Barokah sarat akan filosofi dan nilai-nilai pendidikan di dalamnya. Tentu sudah menjadi standar operasional pendidikan yang ada dibawah naungan alam pendidikan Al-Barokah, sebagai syi’arnya adalah segala sesuatu, kecil maupun besar yang ada di pondok ini, akan menjadi sebuah pendidikan bagi para santri.

Esensi perfotoan di Al-Barokah yang paling penting adalah agar santri maupun guru, memiliki dokumentasi perjuangan yang pernah ia tempuh semasa menjalani amanatnya di Pondok. Tapi, proses untuk menuju sesi perfotoan dengan sekali atau dua kali cekrek, bukanlah suatu yang remeh, justru proses tersebut membutuhkan usaha yang sulit nan kompleks. Bayangkan saja, anak umur belasan tahun tersebut dituntut untuk memberikan aspirasi dan inovasi mereka pada sebuah triplek sederhana, dan menyulapnya menjadi bagian utama dari perfotoan. Yap, dari triplek inilah terlahir background perfotoan luar biasa nan-eksotis.

Dengan waktu yang sempit, dan juga banyaknya kegiatan para penghuni pondok, terkadang pembuatan background hanya berlangsung selama beberapa hari. Bahkan hanya dengan sekali dua kali sentuhan, jadilah background kebanggaan masing-masing kelas tersebut. Tapi, jika boleh berkata jujur, ketidaksiapan background dan konsepperfotoan pada malam sebelum hari H, memberikan rasa kecemasan tersendiri, bagi santri anggota kelas tertentu pada umumnya, dan juga para wali kelas secara khususnya. Namun, rasa kecemasan ini tidaklah membuat surut semangat para santri untuk bergegas, bergerak dan berfikir ekstra demi memutarbalikkan perasaan cemas tadi menjadi sesuatu yang menyenyangkan, dan memberikan persembahan terbaiknya bagi para wali kelas. Dinamika ini, tentulah akan menjadi cerita tersendiri, yang apik untuk dikenang dan disebarluaskan.